rahasia kini, babi ternyata saudara terdekat manusia



Jangan salah paham terlebih dahulu, babi memang sahabat terdekat manusia karna apa?
remaja ini ditemukan bahwa transplantasi organ terbaik untuk manusia berasal dari transplan yang telah ditanamkan pada babi. di Amereka serikat telah menemukan revolusi baru tentang rekayasa genetik yaitu rekayasa genetik organ babi untuk mengatasi ancaman penyakit pada manusia. jaringan dari babi diambil secara khusus untuk mengobati diabetes, jaringan otak manusia dan juga kebutaan.
Tahun 600 SM di India, susruta telah melakukan transplantasi kulit. Sementara jaman  Renaissance, seorang ahli bedah dari Italia bernama Gaspare Tagliacozzi juga telah melakukan hal  yang sama. Diduga  John Hunter (1728-1793) adalah pioneer bedah eksperimental,  termasuk bedah transplantasi.  Dia  mampu membuat kriteria  teknik bedah untuk menghasilkan suatu jaringan transpalntasi yang tumbuh di  tempat baru. Akan tetapi sistem golongan darah dan sistem histokompatibilitas yang erat hubungannya dengan reaksi terhadap transplantasi belum ditemukan. Pada abad ke-20 wiener dan landsteiner menyokong  perkembangan transplantasi dengan menemukan golongan darah sistem ABO dan system Rhesus. Saat ini perkembangan ilmu kekebalan tubuh makin berperan  dalam keberhasilan tindakan  transplantasi. Perkembangan teknologi kedokteran terus meningkat  searah dengan perkembangan teknik transplantasi.
Berdasarkan hubungan genetik antara donor dengan resipien, maka transplantasi dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
a.       Autotransplantasi
Autotransplantasi adalah pemindahan suatu jaringan atau organ ke tempat lain dalam tubuh orang itu sendiri. Biasanya transplantasi ini dilakukan pada jaringan yang berlebih atau pada jaringan yang dapat beregenerasi kembali. Sebagai contoh tindakan skin graft pada penderita luka bakar, dimana kulit donor berasal dari kulit paha yang kemudian dipindahkan pada bagian kulit yang rusak akibat mengalami luka bakar.
b.      Homotransplantasi (allotransplantasi)
Homotransplantasi adalah pemindahan suatu jaringan atau organ dari tubuh seseorang ke tubuh orang lain. Misalnya pemindahan jantung dari seseorang yang telah dinyatakan meninggal pada orang lain yang masih hidup.  Heterotransplantasi (Xenotransplantasi) Heterotransplantasi adalah pemindahan suatu jaringan atau organ dari tubuh seseorang ke tubuh makhluk hidup lainnya (hewan). Contohnya pemindahan organ dari babi ke tubuh manusia untuk mengganti organ manusia yang telah rusak atau tidak berfungsi baik.

Para saintis di Australia sedang giat menjalankan ujikaji bagi membolehkan paru-paru babi digunakan dalam transplant manusia. Dalam kajian terbaru menunjukkan keputusan yang amat positif yang boleh membawa kepada kemugkinannya paru-paru babi dapat menggantikan paru-paru manusian yang telah rosak.

Banyak kajian bagi membolehkan organ terutamanya jantung, paru-paru dan buah pinggang babi digunakan oleh manusia sedang dijalankan di Australia kerana saiz organ babi yang hampir sama dengan manusia, sehinggakan kerajaan Australia sedang bersedia untuk menternak sekumpulan babi yang di ubah DNAnya bagi menyesuaikan organnya dijadikan sebagai sparepart manusia yang rosak.

Sedangkan transplantasi organ yang lazim dikerjakan di Indonesia adalah pemindahan suatu jaringan atau organ antar manusia, bukan antara hewan ke manusia, sehingga menimbulkan pengertian bahwa transplantasi adalah pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain atau dari satu tempat ke tempat yang lain di tubuh yang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk mengganti organ yang rusak atau tidak berfungsi pada penerima.



Share on Google Plus

About mukhlis irfani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment