NUTRISI

Siapakah manusia dan apakah manusia? dan masuk dalam kingdom apakah manusi?
pertanyaan tersebut seringkali mmenjadi perbincangan dari para ahli biologi dan para filsafat agama, dari manakah asal usul manusi. Tidak dapat dipungkiri manusia meruppakan jenis mahluk hidup yang paling sempurna dalm berbagaihal, namun pada dasarnya apa yang dimiliki masusia sama dengan apa yang dimliki oleh hewan, sehingga manusia digolongkan kedalam kerajaan hewan atau kingdom Animalia.  Bagi mahluk hidup terutama hewan nutrisi dari luar sagat perlu dan harus dipasok terus menerus, karena hewan merupakan organisme heterotrof, yang memerlukan makanan sebagai sumber bahan bakar , kerangka karbon, dan juga nutrien.

 sumber makanan nutrisi

Makanan yang secara umum yang menjadi nutrisi bagi mahluk hidup harus memenuhi tiga hal, yaitu sebagai bahan bakar untuk kerja seluler didalam tubuh , bahan mentah organik sebagai biosintesis dalam tubuh.( kerangka karbon untuk membentuk molekul sendiri dalam proses sintesis tersebut), kemudian nutrien yang efesien di pakai oleh tubuh. Hal ini juga berkaitan dengan homeosetasis yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup.  Hewan mendapatkan bahan bakar alami berupa kkarbohidrat, lemak , protein sebagai sumber energi. Monomer dari senyawa tersebut dapat dirubah menjadi sumber energi ATP pada tubuh sehingga tubuh dapat bekerja dengan sesuai tugasnya. ATP terbentuk melalui respirasi seluler yang mestinya bahan bakar utamanya adalah karbohidrat atau lemak. Lemak memiliki duakali lipat energi yang di berikan oleh karbohidrat dalam jumlah yang sama oleh karna itu lemak merupakan sumber kalor yang sangat tinggi.pada kenyataanya hewan melakukan metabolime yang akan menghsilkan energi itu sendiri proses metabolisme ini terjadi secara seluler, namun ketika hewan mengambil lebihbanyak kalori dibandingkan dengan jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuhnya maka tubuh akan cenderung untuk menimbun kelebihan kalori tersebut.  Misaklnya pada manusia terjadi penimbunan glikogen dari sel-sel hati dan otot. Glikogen sendiri menjadi sumber energi yang disimpan dalm hati dan otot mausia. seperti yang kita ketahui bahwa salah satu nutrien yang kita butuhkan adalah gula, terlebih kita membutuhkan glukosa sebagai bahan dasar untuk pembentukan ATP. Glukosa sendiri merupakan betuk monosakarida yang menjadi bahan bakar utama bagi sel, dan metabolisme tubuh yang diatur oleh kerja hormon, dan merupakan aspek penting dalam homeostasis. Hasil dari penimbunan karena aupan yang berlebih maka akan disimpan dalam bentuk glikogen, akan tetapi bila tumpukan glikogen semakin menumpuk maka akan disimpan dalm bentuk lemak. Jika dalam tubuh mengalami kekurangan makan atau supan nutrisi maka tubuh akan merombak protein dan kemudian akna dijadikan sebagai sumber energi, jika hal ini terjadi terus menurus maka akan terjadi kerusakan jaringan pada tubuh yang dapat berakibat vatal.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar: