MEKANISME HOMEOSTASIS

Claude Bernard telah mengetengahkan bahwa adanya perbedaan lingkungan eksternal yang mengelilingi seekor hewan dan juga lingkungan internal dimana sel didalamnya itu merupakan keatuan yang hidup, pendapat ini telah ia anut lebih dari seabat yang lalu.seperti kita keetahui lingkungan pada mahlukhidup bertulang belakang disebut dengan cairan interstisisal (intertitial fluid). banyak hal sebagai cotoh dalam tubuh manusia , seperti pada sistem peredaran darah kita dimana cairan dalam tubuhkita mempertukarkan nutrien kedalam tubuh dengan sisa-sisa zat yang seharusnya kita buang.bernard juga telah memberikan keterangan dan penjelasan kepada kita bahwa dari pengamatanya hewan dapat menyeimbangkan keadaan tubuhnya dalam keadaan yang konstan walaupun keadaan eksternalnya berubahbeberapa jeis hewan invertebrata seperti hidra tidak berdaya mempengaruhi suhu yang ada pada air yang mengenai sel-sel tubuhnya, akan tetapi beda dengan manusia mereka dapat mempertahahankan suhu tibuhnya dalam kolam dalam suhu tubuh yang kurang lebih konstan yaitu berkisar 37°C.  tubuh kita juga dapat mempertahankan keadaan pH dalam tubuh kita yaitu dalam bentuk konstan sepersepuluh perubahan dalam satuan pH 7,4, dan segala bentuk homeostasis juga terjadi dalam tubuh kita seperti pengaturan gula darah dalam tubuh sehingga darah dalam tubuh kita tida berfluktuasi 0,1 % dan dalam kurun waktu yang sangat lama. selayaknya yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup akan terpengaruhi oleh lingkungan eksternal seperti perubahan keseimbangan hormon pada masa puberitas dan danpak dari konsumsi zat berlebih sehingga mempengaruhi kinerja tubuh untuk melakukan homeostasis, namun stabilitas lingkungan internal dalam mahluk hidup sampaisaat ini pun belum nbisa dibentuk oleh manusia atau dalam bentuk buatan sehingga masih sangat menajubkan untuk kita bahas.
mekanisme homeostasis
pada moderinisasi pendapat dari bernard digabungkan dengan homeostasis sehingga dapat kita jadikan menjadi keadaan yang tunak ( steady state). Suhu dalam tubuh ewan akan selalu berfluktuasi walaupun itu hnya terjadi sedikit dari keadaan sebelumnya. homeostasis merupakan kedaan dinamis dimana keterkaitan antara gaya luar yang cenderung merubah lingkungan internal dan mekanisme kkontril internal dan akan melawan perubahan yang terjadi tersebut , sehingga tubuh akan memiliki keadaan yang konstan.
Homeostasis dapat dipengaruhi dari berbagai macam hal, karena sangat bergantung pada perubahan umpanbalik. sistem yang terjadi dalam tubuh yang merupakan kontrol memiliki 3 komponen fungsional yaitu Reseptor  yang mendeteksi adanya perubahan sebagian vareabel lingkungan internal pada hewan, seperti misalanya perubahan pH tubuh. Pusat kontrol yang bertugas memproses suatu informasi dari reeptor dan akan mengarahkanya pada suatu respon yang tepat melalui efektor. Kita dapat ambil suatu contoh, bagaimana reaksi pada suatu ruangan yang memiliki pengontrol suhu ruangan, pada suatu suhu tertentu termostat memiliki reseptor yang akan menerima dampak dari perubahan suhu ruangan tersebut, ketika suhu sudah berada pada keadaan yang menjadi sinyal tertentu termostat akan menghidupkan pemanas, dan ketika suhu sudah mulai normal maka termostat akan memberikan sinyal untuk menghentikkan penaikan suhu kembali, dan begitu seterusnya, dan itualh yang disebut sebgai umpan balik yang mempengaruhi kinerja dari lingkungan internal. Homeostasi akan menjaga suhu tubuh kita dalam keadaa yang pasang apaun yang terjadi, namun dalam jangka waktu yang lama akan erjadi perubahan suhu teratur didalam internal tubuh kita.  Hal tersebut menggambarkan respon adaktif dari dalam tubuh kita, yang merupakan sentral pembelajaran biologi.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment