BURUNG-BURUNG DI KAWASAN CAMP ELEPHANT PATROL RESORT PEMERIHAN TAMANNASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN LAMPUNG

laporan berisi tentang keragaman burung di camp elephant patrol resort pemerihan di taman nasional bukit barisan selatan di lampung, kabupaten pesisir barat kecamatan bengkunat desa pemerihan, camp ini masuk kedalam zona penyangga dari taman nasional bukit barisan selatan di mana mencakup banyak habitat alami yang merupakan habitat burung baik burung lokal maupun burung migrasi, termasuk burung yang masih sering kita jumpai sampai pada burung yang sudah jarang kita jumpai yang sudah masuk kedalam katagori burung terancam punah, seperti burung rangkong dan elang hitam, di camp ini juga terdapat tim elephant patrol untuk menjaga kawasan yang berbatasan dengan penduduk dari serangan gajah maupun sebaliknya.


I.                   PENDAHULUAN




A.    Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang menjadi salah satu pusat mega biodiversity dunia, dan di dalam  kekayaan alamyang di miliki terdapat  hutan tropis seluas 120,35 juta ha atausekitar 63 % luas daratan Indonesia besertakeanekaragaman hayati yang tinggi.Keanekaragaman hayatinya berupa berbagai tipeekosistem alami mulai dari padang rumput, batukarang, gambut, hutan tropis dan hutan mangrove. Di samping itu jenis burung di  Indonesia memiliki jumlah yang menajubkan yaitu sebanyak 1598jenis burung atau sekitar 17 % dari jumlahseluruh jenis burung di dunia dan 381 jenisdiantaranya merupakan jenis endemik Indonesia.Dilihat dari total jenis Indonesia mendudukiurutan kelima negara-negara kaya akan jenisburung setelah Kolombia, Peru, Brazil danEquador, namun dari segi endemisitas danjumlah jenis sebaran terbatas peringkat Indonesiamelonjak menjadi urutan pertama (Andono,2004).

Dalam bentang alam yang sangat luas Indonesia memiliki alas an untuk menjaga kekayaan alam dan melaestarikanya, dengan jumlah kekeyaan alam yang sangat melimpah maka perlu diadakan inventarisasi berbagai jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia agar dapat menjadi dasar dan data yang dapat selalu di tinjau dan di amati keberadaanya, sehingga kekayaan alam yang di miliki akan tetap terjaga kelestarianya. Dan karna Sumber daya alam merupakan salah satu

komponen ekosistem yang menerima dampak meningkatnya kebutuhan hidup manusia, sejalan dengan bertambahnya waktu, keanekaragaman hayati khususnya di Indonesia telah menunjukkan penurunan yang signifikan. Pemeliharan keanekaragaman jenis muncul sebagai suatu permasalahan lingkungan yang sangat penting di bumi saat ini, menjadi suatu ancaman terhadap kelestarian kawasan dan florafauna perlu mendapat perhatian intenstif, baik dari segi pemantauan (monitoring) maupun dari segi pengelolaan. (Aunurohim, Dewi Hidayah, 2009)

Burung merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki nilai tinggi, baik ditinjau secara ekologis, ilmu pengetahuan, rekreasi, seni dan kebudayaan. Studi tentang burung penting, karena dengan melakukan studi mengenai burung dan habitatnya dapat diketahui perubahan yang terjadi dalam suatu ekosistem karena burung merupakan spesies yang dinamis dan dapat merespon perubahan yang terjadi pada areal hutan. Burung adalah organisme yang paling dikenal di antara keanekaragaman hayati bumi. Meskipun demikian, kuantitas pengetahuan tentang jenis serta kawasannya masih kurang lengkap. Kekurangan ini merupakan suatu tantangan dalam kegiatan konservasi burung (Bibby, 2000).

B.     Tujuan Kerja Praktik

Tujuan dalam kerja praktek ini adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang kegiatan kerja yang ada di lapangan dan dapat  mengetahui komposisi spesies penyusun komunitas burung ditinjau dari jenis-jenis burung di kawasan camp elephant patrol resort pemerihan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

C.    Manfaat Kerja Praktik

Manfaat dari kerja praktik ini adalah untuk menjadi sarana pembelajaran mahasiswa terhadap dunia kerja, agar mahasiswa mengetahui beberapa jenis Burung  yang berada di Camp Elephant Patrol Resort Pemerihan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.



Share on Google Plus

About mukhlis irfani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment